10 ALASAN YANG MENJELASKAN MENGAPA KEBANYAKAN ORANG TIDAK BERHASIL MENCAPAI TUJUANNYA

Posted on

Dengan segala sesuatu yang terjadi di sekitar kita, terkadang sulit untuk mencapai tujuan yang akan kita raih. Hal ini semakin diperparah lagi apabila anda memiliki salah satu alasan yang terdapat didalam daftar dibawah ini.

Untungnya, di samping saya melampirkan 10 alasan yang menjelaskan mengapa kebanyakan orang tidak berhasil mencapai tujuannya, saya juga mencantumkan beberapa tips jitu untuk menanganinya, diantaranya adalah :

1. Menciptakan arah tujuan yang tidak jelas

Bila anda tidak tahu kemana anda harus melangkah, maka hal ini sangatlah sulit bagi anda untuk sampai kesana. Banyak orang yang menjerumuskan dirinya sendiri ke dalam kegagalan ketika mereka menciptakan arah tujuan yang tidak jelas. “Di tahun ini, saya harus bisa menurunkan berat badan”, terdengar seperti tujuan yang besar bukan?

Tetapi kebanyakan orang hanya bisa menyatakannya dan tidak akan pernah bisa mencapainya. Hal ini bukan dikarenakan orang-orang tersebut tidak termotivasi dan disiplin, tetapi karena arah tujuannya terlalu umum. Apakah di tahun ini anda ingin menurunkan berat badan sebesar 5 kilo atau 10 kilo?

Tips menanganinya: Tetapkanlah tujuan yang pintar dan ubah hal tersebut menjadi spesifik, pastikan tujuan tersebut sudah terorganisir, dapat digapai dan realistis dan terakhir namun tidak sedikit, serta dapat memberikan tenggang waktu. Jika anda ingin melangkah lebih jauh, anda mungkin harus membaca buku yang berjudul “The Missing Letter in Your Smart Goals”.

2. Tidak memiliki tujuan yang tinggi

Tujuan dapat diatur pada setiap topik yang bisa dibayangkan tetapi jika anda tidak memiliki tujuan yang sangat tinggi, hal ini dapat membuat anda dengan mudah untuk menyerah setelah motivasi awal dan kegembiraan telah habis. Untuk memahami bagaimana tujuan anda adalah hal yang relevan bagi anda sehingga memungkinkan dirimu untuk bertahan, bahkan ketika situasi ini menjadi sangat sulit.

Tips menanganinya: Ketika anda selesai menetapkan tujuan yang pintar, tanyakan pada diri sendiri bagaimana tujuannya akan dilakukan adalah hal yang relevan dengan kehidupan anda dan hal apa yang ingin anda capai.

3. Menunda-nunda.

Bahkan ketika anda telah memiliki tujuan yang pintar, hal ini haruslah relevan dengan tujuan anda, namun jika anda tidak memulai maka anda tidak akan pernah mencapai tujuanmu. Salah satu ungkapan yang paling berbahaya adalah “Saya akan melaksanakannya nanti”.

Tips menanganinya: Pastikan tujuan anda telah dipecah menjadi potongan-potongan, dikelola, dan kemudian melakukannya dengan segera.

4. Tidak mengambil tanggung jawab

Ini adalah salah besar namun ini adalah fakta kehidupan. Ketika terjadi sesuatu dan anda tidak dapat mencapai tujuanmu, siapa yang harus anda salahkan? Bos anda sering terlambat ke tempat kerja sehingga anda tidak bisa mengerjakan tugas secara baik atau mungkin cuaca yang tidak memungkinkan sehingga anda tidak jadi pergi ke tempat gym. Jika hal tersebut bukanlah kesalahan anda, jadi apa yang dapat anda lakukan?

Tips menanganinya: Ambil tanggung jawab walaupun anda tidak berhasil mencapai tujuan. Ketika anda mengambil tanggung jawab, anda akan menjadi akal dan mengetahui bahwa anda memiliki kontrol atas pencapaian tujuanmu.

5. Mendengarkan orang yang menghalangi anda

Ketika anda pergi untuk melaksanakan tujuanmu, terutama tujuan yang besar, terorganisir dan tujuan tersebut cocok didalam hidupmu; tidak dapat dihindari bahwa orang-orang akan menghalangi anda. Namun ada banyak alasan untuk hal ini seperti perhatian, cemburu, kebodohan dan lain sebagainya. Seberapa banyak anda menyerah untuk mengejar tujuan anda disaat orang lain memutuskan anda tidak layak untuk mengejarnya?

Tips menanganinya: Hal ini sangatlah mudah. Selama anda mengetahui arah tujuanmu, abaikan saja para penentang ini. Anda dapat mengambil apa yang mereka katakan menjadi pertimbangan tetapi pastikan anda dapat membuat keputusan akhir.

6. Memulai terlalu banyak proyek

Saya mulai melaksanakannya. Kedengarannya seperti hal yang baik tetapi tidak ketika anda mulai terlalu banyak hal, anda tidak akan berakhir dengan menyelesaikan banyak dari mereka. Hal ini biasanya berasal dari rasa takut kehilangan (FOMO) atau menjadi seseorang yang memiliki banyak ide.

Tips menanganinya: Memahami bahwa anda memiliki waktu yang terbatas dan bahwa anda tidak bisa melakukan semuanya. Untuk menghadapi kasus FOMO, anda harus menyadari bahwa anda tidak bisa menyelesaikan karena anda akan kehilangan semua peluang yang terbuka saat anda menyelesaikan proyek yang sedang anda kerjakan.

7. Menjadi sangat negatif

Jika anda berpikir anda tidak akan pernah berhasil, maka anda mungkin tidak akan berhasil. Jika anda tidak percaya anda dapat mencapai tujuan, maka ketika anda gagal, bisa dipastikan anda berhenti berusaha. Ketika anda optimis dan mengalami kegagalan, anda memfokuskan energi untuk mencari solusi karena ada benar-benar percaya ada satu. Jika anda percaya bahwa anda menderita nasib buruk, maka periksalah artikel ini.

Tips menanganinya: Pertimbangkan gagasan bahwa optimisme dan pesimisme, keduanya merupakan harapan masa depan. Apakah keduanya mungkin menjadi kenyataan? Namun ternyata, keduanya merupakan keyakinan yang dapat membantu anda menjalani kehidupan yang bahagia dan lebih terpenuhi. Daripada anda membuang-buang energi dengan mengeluh, anda lebih baik menghabiskan energi didalam pembelajaran.

8. Menjadi orang yang egois

Ada orang di luar sana yang berpikir adalah hal konyol untuk membantu orang lain. Mereka percaya untuk mengambil dan tidak memberikan. Mereka sangat pelit dengan waktu, uang dan pengetahuan dan hanya tertarik pada kesempatan dimana mereka berdiri untuk mendapatkan keuntungan. Kebanyakan tujuan besar memerlukan bantuan orang lain dan sangat sulit untuk membantu orang-orang yang hanya peduli tentang “mengambil”.

Tips menanganinya: Melayani orang lain terlebih dahulu. Selalu mencari cara untuk menambah nilai orang lain.

9. Anda berada di sekitar orang-orang yang tidak mencapai tujuannya juga

Anda adalah wujud asosiasi dari siapa yang anda bergaul. Hal ini mungkin sulit untuk dicerna oleh sebagian orang dan selalu ada pengecualian untuk aturan tetapi untuk sebagian besar, kita bertindak sesuai dengan orang-orang di sekitar kita. Ini berasal dari keinginan alami yang kuat dan untuk menerimanya.

Tips menanganinya: Berbaurlah dengan orang-orang yang selalu mencapai tujuannya.

10. Terlalu sering menonton TV

Tidak semua tayangan di TV buruk, tetapi jika anda menonton TV maka kemungkinan besar anda tidak melakukan apa-apa untuk bergerak satu langkah lebih dekat ke tujuan anda. Persoalan menonton TV disini adalah bahwa hal ini sangatlah menawan. Ada program tayangan untuk minat dan hobi didalamnya, bukan? Mereka yang menonton TV terlalu sering biasanya tidak selalu berhasil mencapai tujuan mereka dan mungkin orang-orang yang menonton TV ini karena mereka tidak memiliki tujuan apapun.

Tips menanganinya: Matikan TV. Jangan mencolok kabel TV. Mengambil dan membaca sebuah buku yang akan membantu anda bergerak satu langkah lebih dekat ke tujuan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *